Sementara Biarlah Begini Adanya................ Sakahandak

Translate

Powered By google

Monday, November 29, 2010

KATA DALAM BAHASA ARAB

K A T A
Kata dalam bahasa Arab dibagi menjadi tiga bagian, yaitu : isim, fi'il dan huruf. Untuk membedakan ketiga bagian tersebut dapat dilihat dari cakupannya jika dipadankan dengan bahasa Indonesia dan dengan melihat ciri-ciri khasnya.
A. Isim
Cakupannya jika dipadankan dengan bahasa Indonesia meliputi:
1. Kata benda
2. Kata sifat
3. Kata keterangan
4. Kata bilangan
5. Kata ganti
6. Kata tunjuk
7. Kata benda abstrak

B. Fi'il
Fi'il identik dengan kata kerja dalam bahasa Indonesia. Akan tetapi fi'il ini sangat tergantung kepada waktu pelaksanaannya seperti kata kerja dalam bahasa Inggris.

C. Huruf
Huruf sama dengan kata tugas atau kata bantu dalam bahasa Indonesia, karena mempunyai tugas menyempurnakan arti dari kalimat. Huruf tidak mempunyai ciri khusus dan harus dihafal.

PEMBAGIAN ISIM

Isim berdasarkan jenisnya dibagi menjadi dua bagian yaitu isim mudzakkar (laki-laki) dan isim muannats (perempuan), masingmasing bagian tersebut ada yang faktanya berjenis kelamin lakilaki (hakiki) dan perempuan (hakiki) dan ada yang hanya lafadznya saja, sedangkan faktanya sama sekali tidak diketahui jenis kelaminnya (benda). Mudzakkar hakiki dan muannats hakiki sangat mudah dibedakan dan tidak memerlukan ciri-ciri khusus, sedangkan yang lafdzi untuk membedakannya diperlukan ciri-ciri serta cakupannya.

Download Tulisan Lengkap disini

No comments:

Post a Comment

Komentar anda saya tunggu lho